Apakah Masturbasi Bisa Menyebabkan Ejakulasi Dini?

Betulkah masturbasi atau onani dapat menjadi penyebab ejakulasi dini? Studi terakhir menunjukkan bahwa masturbasi dapat bersifat negatif, jika dilakukan dengan cara yang salah, dan bisa juga bernilai positif jika dilakukan sebagai terapi.

Mari kita lihat beberapa rincian yang lebih spesifik tentang masturbasi yang biasa dilakukan pria dan wanita.

Apakah Masturbasi Bersifat Tabu?

Masturbasi menyebabkan ejakulasi dini

Masturbasi adalah salah satu hal tabu yang populer dalam budaya kita, istilah masturbasi berasal dari kata latin manus strupare, yang berarti melawan diri sendiri menggunakan tangan.

Jika kita menganggap masturbasi sebagai tindakan yang memalukan, penafsiran tersebut timbul dari pengertian harfiahnya yang berarti melawan diri sendiri.

Selain masturbasi, tindakan seksual ini sering juga disebut Onani. Kata tersebut berasal dari Onan, seorang tokoh dalam Alkitab yang dipaksa bersenggama dengan janda saudaranya.

Onan melakukan ejakulasi di luar vagina karena dia tidak ingin janda saudaranya itu hamil. Setelah itu dia ditinggalkan sukunya dan dianggap melanggar Hukum Levirato, Onan dihukum oleh Yahwe.

Apa yang dilakukan Onan adalah sejarah pertama Coitus Interuptus, saat ini dikenal sebagai metode kontrasepsi alami untuk mencegah kehamilan.

Normalkah Melakukan Masturbasi?

Masturbasi bukan hanya kegiatan seksual milik remaja muda usia. Banyak pria dan perempuan yang sudah menikah masih melakukan aktivitas ini.

Kegiatan ‘melayani’ diri sendiri ini memang memiliki beberapa manfaat kesehatan seperti membantu untuk meningkatkan kualitas tidur, mengurangi stres, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, dan meningkatkan produksi endorfin.

Namun, dibalik manfaatnya, masturbasi juga menyimpan efek negatif.

Apakah benar ejakulasi dini disebabkan oleh masturbasi?

Beberapa orang berpendapat bahwa ejakulasi dini memang disebabkan oleh masturbasi, meskipun tidak ada hubungan nyata antara keduanya. Tetapi kita bisa mengatakan bahwa teknik masturbasi yang salah dapat menyebabkan ejakulasi dini.

Banyak remaja muda melakukan masturbasi dengan merangsang diri sendiri, mereka melakukannya dengan cepat tanpa interupsi atau penundaan sama sekali. Tujuannya mereka jelas yaitu mencapai orgasme dan berejakulasi.

Sementara berapa pria lain bermasturbasi dengan tujuan untuk mendapatkan kesenangan yang lama. Mereka membelai dan menyentuh penis mereka sampai ketika akan orgasme, mereka berhenti beberapa saat kemudian mengulang lagi sampai beberapa kali sebelum ejakulasi terjadi.

Dari dua kelompok pria di atas, kelompok pertama dapat disebut sebagai calon penderita ejakulasi dini.

Terlalu sering masturbasi menyebabkan ejakulasi dini

Pria-pria yang melakukan masturbasi beberapa kali sebelum berhubungan seks, akan kesulitan mencapai klimaks. Penyebabnya karena sensitivitas penis berkurang saat melakukan hubungan seks yang sesungguhnya bersama wanita.

Pria-pria yang terlalu sering masturbasi akan terbiasa dengan sentuhan tangan sendiri daripada sentuhan dari orang lain.

Terlalu sering masturbasi juga dapat menimbulkan lecet pada kulit penis dan jika tidak menggunakan pelumas dapat menyebabkan pembengkakan pada penis.

Apakah maturbasi termasuk perbuatan terlarang dan dosa?

Dahulu melakukan masturbasi termasuk tindak pidana dan akan mendapat hukuman dari masyarakat, contohnya adalah kasus Onan.

Alasannya karena di jaman dulu orang hanya mengenal seks sebagai cara untuk berkembang biak atau reproduksi, karena itu setiap aktifitas seks yang dilakukan bukan sebagai usaha reproduksi harus dihukum.

Pada awal abad XVIII, seorang biarawan Inggris menyatakan diri melawan masturbasi. Idenya adalah bahwa hal tersebut adalah tindakan yang tidak alami, dosa dan jika tidak dihentikan akan menular ke generasi yang akan datang. Sampai 1758 masturbasi sebagai dosa diterima oleh masyarakat dan para dokter.

Seorang dokter asal Swiss bernama Tissot menjadi tokoh penting dan menegaskan bahwa masturbasi adalah hal yang berbahaya. Masturbasi bukan hanya dianggap sebagai penyebab utama kelelahan, gugup dan kegilaan, tetapi juga penyebab banyaknya penyakit fisik dan psikis lainnya.

Saat itu, masturbasi dianggap sebagai hukuman Tuhan dan melakukannya akan menimbulkan kerusakan moral bagi masyarakat.

Apakah benar bahwa ada beberapa teknik masturbasi yang digunakan dalam terapi seksual? Bukankah hal tersebut termasuk tindakan Onanisme?

Ada beberapa terapis seks yang menggunakan masturbasi sebagai cara menyembuhkan ejakulasi dini. Dengan masturbasi, pasien akan belajar bagaimana memahami reaksi tubuh terhadap rangsangan yang diterima.

Pada akhir abad XIX terjadi perubahan pada konsep masturbasi. Masturbasi saat itu dianggap sebagai akibat dan bukan penyebab pada beberapa gangguan mental.

Antara 1911 dan 1912, terjadi beberapa kali pertemuan para psikoanalitis yang khusus membahas masturbasi. Dalam pertemuan tersebut, Freud berbicara tentang terapi onanisme, dan mulai saat itu masturbasi dianggap sebagai metode penyembuhan bagi orang-orang yang tidak bisa mendapatkan orgasme.

Bolehkah orang tua melakukan masturbasi?

Masturbasi bisa dilakukan siapa saja pada umur berapapun. Masturbasi adalah praktek seksual privat yang dilakukan sendiri atau bersama pasangan.

Tidak setiap laki-laki melakukan masturbasi dengan cara yang sama. Ada yang menggunakan dua tangan dan ada juga yang hanya menggunakan dua jari. Beberapa pria lain menggunakan alat bantu seperti dengan menggosokkan penis dengan bantal atau kasur.

Masturbasi pada wanita juga seperti itu, ada yang menggesek-gesekkan organ seksnya ke tempat tidur, atau dengan tangan yang digosok pada celana ketat atau langsung menggosok klitoris mereka dan bagian internal vagina.

Kesimpulannya, masturbasi bisa menyebabkan gangguan seksual pada pria seperti ejakulasi dini jika dilakukan dengan cara yang salah. Sebaliknya masturbasi jika dilakukan dengan benar bisa menjadi terapi untuk menyembuhkan ejakulasi dini.

Jika anda sudah memesan ebook Rahasia Ejakulasi, di dalamnya anda bisa membaca dan mempelajari beberapa teknik masturbasi untuk mengatasi ejakulasi dini.

Terapi masturbasi di dalam ebook Rahasia Ejakulasi sudah digunakan banyak pria di seluruh dunia dan juga umum digunakan oleh terapis seks untuk menyembuhkan ejakulasi dini.

Informasi detail mengenai ebook Rahasia Ejakulasi bisa anda baca disini.

 

Ejakulasi Dini
Pengertian Ejakulasi Dini

Penyebab Ejakulasi Dini

Gejala Ejakulasi Dini

Jenis-Jenis Ejakulasi Dini

Masturbasi Menyebabkan Ejakulasi Dini

Teknik Mengendalikan Gairah Seks

2 Kriteria Penting Menyembuhkan Ejakulasi Dini

Cara Mengobati Ejakulasi Dini

Krim, Gel dan Spray anti ejakulasi. Bermanfaatkah?

3 Langkah Mengendalikan Ejakulasi

10 Pertanyaan Seputar Ejakulasi Dini

 

Artikel Kesehatan
Cara Membesarkan Penis Dengan Operasi

Cara Melatih Corpora Cavernosa Agar Penis Lebih Panjang

 

Disfungsi Ereksi
Viagra Obat Impotensi Bukan Obat Kuat

Susah Tidur? Coba Hirup Aroma Bunga Ini

Onani Sebabkan Disfungsi Ereksi

Cara mengatasi ejakulasi dini secara alami